PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTU SISTEM REWARD CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Main Author: Irawati , Tiara
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) , 2018
Subjects:
Online Access: https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka/article/view/1107
https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka/article/view/1107/650
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) berbantu sistem reward card dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dan siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi-eksperimen dengan desain the nonequivalent pretest-posstest control group design.Instrumen yang digunakan yaitu soal pemahaman konsep, lemabar observasi, dan lembar validasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) berbantu sistem reward card lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT), (2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) berbantu sistem reward card lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (3) tidak terdapat perbedaan antara kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dengan model pembelajaran langsung.