Model Literasi Media di Lingkungan Rumah Panti Asuhan

Main Authors: Pambudi, Sigit Tri, Novianti, Dewi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta , 2019
Subjects:
Online Access: http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2694
http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2694/2257
Daftar Isi:
  • Perkembangan televisi dan internet telah membawa kecemasan baru, yaitu masalah isi (content) media, yang diyakini banyak menghadirkan program siaran yang tidak mendidik. Media interaktif yang semakin murah dan tersebar juga menghadirkan kecemasan tersendiri. Situs pornografi, permainan online, media sosial telah menyita waktu dan perhatian pelajar sehingga menyita waktu dan perhatian dalam belajar. Konsep berinternet yang sehat sulit untuk diterapkan karena sifatnya yang sangat personal. Oleh karena itu pemahaman literacy media sangat diperlukan sebagai self control. Penelitian ini mencari model literacy media di Panti Asuhan Yatim Piati dan Fakir Miskin Ibnu Fatah Berbah Sleman Yogyakarta. Melalui studi kualitatif penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media massa dan media internet di lingkungan Panti Asuhan Yatim Piatu dan Fakir Miskin Ibnu Fatah Berbah Sleman sangat dibatasi dan dipantau, namun anak-anak panti selalu mencari kesempatan. Mereka lebih antusias dengan media internet dari pada media ,massa. Mereka tetap mengakses situs- negatif walaupun mereka juga menyadari hal tersebut merusak. Diperlukan model media literacy dengan skema : Pertama, membuat system komunikasi yang terbuka antara pengasuh panti dan anak-anak panti. Kedua, menanamkan sistem nilai ajaran Islam yang kuat baik secara kognisi, afeksi dan kognasi sebagai self control. Ketiga, memperkenalkan kata-kata kunci positif dan negatif, Keempat, menyediakan sarana akses media yang digunakan secara terbimbing dan terjadwal.