Penerapan Metode PQRST (Preview, Question. Read, Summarize and Test) dalam Pembelajaran SKI untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Cikoneng
Main Author: | Fauzan Wakila, Yasya |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Book eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Ridwan Institute
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jequi.ridwaninstitute.co.id/index.php/jequi/article/view/28 https://jequi.ridwaninstitute.co.id/index.php/jequi/article/view/28/67 https://jequi.ridwaninstitute.co.id/index.php/jequi/article/view/28/68 |
Daftar Isi:
- Selama ini dalam proses pembelajaran mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) diajarkan dengan metode yang relatif konvensional. Artinya, proses pembelajaran dilakukan dengan cara penyampaian materi, dilanjutkan dengan mendengarkan, menghafal dan menjawab pertanyaan, sehingga untuk sebagian peserta didik terkesan monoton dan membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode PQRST dalam pembelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Cikoneng. Metode penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan dengan menggunakan metode PQRST, peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Cikoneng merasa semangat antusias dan aktif dalam proses pembelajaran serta materi dapat tersampaikan secara terstruktur, sistematis, dan menyeluruh dengan mengaitkan cerita pengalaman atau sejarah. Hal ini membantu terciptanya iklim kelas yang kondusif. Dengan demikian metode PQRST cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa