Pengaruh E-Modul Berbasis TPACK-STEM terhadap Literasi Sains Alat Optik dengan Model PBL-STEM Disertai Asesmen Formatif
Main Authors: | Aulia, Dini Mahirotul, Parno, Parno, Kusairi, Sentot |
---|---|
Other Authors: | Universitas Negeri Malang |
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/view/16404 http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/view/16404/8028 http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/downloadSuppFile/16404/3826 http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/downloadSuppFile/16404/3828 http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/downloadSuppFile/16404/3829 http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/downloadSuppFile/16404/3830 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa SMA Negeri 9 Malang kelas XI yang belajar menggunakan E-Modul berbasis TPACK-STEM yang disajikan dengan model PBL-STEM disertai asesmen formatif pada materi alat optik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimrn semu (quasi experiment) dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Instrument yang digunakan berupa soal uraian materi alat optik dengan reliabilitas 0,87. Data diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 25,18 dan nilai rata-rata posttest sebesar 36,26. Berdasarkan hasil analisis data paired sampel test diperoleh t hitung > t tabel = 41,858>2,024 dan nilai sigifikansi lebih kecil dari 0,05 maka maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains setelah diberi perlakuan lebih tinggi dari pada kemampuan literasi sains sebelum diberi perlakuan.