Pengaruh Model Pembelajaran 7E Learning Cycle Berbantuan Edmodo terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi
Main Authors: | Budialfiah, Safrilia, Haryoto, Dwi, Sulur, Sulur |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/view/15849 http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/view/15849/6289 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran 7E learning cycle berbantuan edmodo terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi usaha dan energi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelompok kontrol yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Jenis dan desain penelitian ini adalah quasi ekperimen dan Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil perhitungan normalitas dan homogenitas data menunjukkan bahwa data peningkatan prestasi belajar pada kedua kelompok terdistribusi secara tidak normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U test (one-tailed) dengan taraf signifikan dan diperoleh -1,47 dan 1,64, ini menunjukkan bahwa . Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran 7E learning cycle berbantuan edmodo pada kelompok eksperimen tidak memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik.