Conceptual Problem Solving (CPS) dalam Latihan Memecahkan Masalah untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Topik Termodinamika

Main Authors: Eda, Paulus Satria, Purwaningsih, Endang, Sutopo, Sutopo
Other Authors: Universitas Negeri Malang
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2020
Subjects:
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/view/14547
http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/view/14547/6297
http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/downloadSuppFile/14547/3221
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep mahasiswa pada materi termodinamika setelah berlatih memecahkan masalah menggunakan pendekatan CPS. Penggunaan pendekatan CPS dilatarbelakangi oleh banyaknya temuan hasil penelitian terdahulu terkait kebiasaan mahasiswa menggunakan strategi chug and plug dalam menyelesaikan masalah. Metode yang digunakan adalah mixed method dengan desain embedded experimental. Penelitian ini melibatkan 22 mahasiswa tahun kedua Universitas Nusa Cendana di Kupang. Instrumen pretest dan posttest berupa 12 soal penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda dengan reliabilitas 0,524. Hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai effect size sebesar 1,69 dan berada pada kategori kuat menunjukkan bahwa berlatih memecahkan masalah menggunakan pendekatan CPS berpengaruh kuat terhadap peningkatan penguasaan konsep mahasiswa.