Pengaruh Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor

Main Authors: Rahim, Handy Faishal, Suyudi, Agus, Haryoto, Dwi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2020
Subjects:
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/view/12696
http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/view/12696/5369
Daftar Isi:
  • Tujuan pada penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor pada kelas XI SMA Laboratorium UM Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian Pretest–Posttest Control Group Design. Pengetahuan awal siswa dan hasil belajar siswa diukur dengan instrumen tes berupa soal uraian. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung (6,683) > ttabel (1,669) pada taraf signifikansi 0,05. Ditinjau dari rerata nilai posttest untuk kelas eksperimen (93,34) lebih tinggi daripada rerata kelas kontrol (85,97). Oleh karena itu, hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol.