Tingkat Pemecahan Masalah Siswa Pada Pokok Bahasan Tumbukan ( Impuls Momentum)

Main Authors: Susanti, Shinta Dewi, Zaman, Fariduz
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Malang , 2017
Subjects:
Online Access: http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/view/10409
http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/view/10409/5265
Daftar Isi:
  • penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat pemecahan masalah fisika siswa pada materi impuls momentum .Penelitian dilakukan pada siswa XI MIA SMA AN –NUR bululawang kabupaten Malang. Sampel dalam penelitian ini terdiri satu kelas yaitu XI MIA 6 yang terdiri dari 23 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data mengenai pemecahan masalah siswapada meteri impuls momentum dilakukan melalui tes. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut Useful description (deskripsi permasalahan) 64% termasuk dalam criteria tinggi (T), Physic approach (pengenalan konsep) 75% termasuk dalam criteria sangat tinggi (ST), kemampuan Specific application of physic (penggunaan konsep) dan Mathematical procedure (proses matematis) 76% termasuk dalam criteria sangat tinggi (ST),dan kemampuan Logical progression (urutan logika) 33% termasuk dalam criteria rendah (R). Secara keseluruhan poin rata rata yang diperoleh untuk kemampuan pemecahan masalah adalah 62% dimana hal ini tergolong tinggi (T)