Wacana Komunikasi Lingkungan dalam Iklan Properti Meikarta

Main Author: Lestari, Christina Arsi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta , 2020
Subjects:
Online Access: http://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/1631
http://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/1631/1848
Daftar Isi:
  • Studi ini membahas wacana komunikasi lingkungan dalam iklan Meikarta dengan menggunakan konsep komunikasi lingkungan yang berfokus pada kajian terhadap iklan. Metode yang dipakai adalah analisis wacana kritis. Hasilnya menunjukkan bahwa iklan Meikarta masih dalam tahap agenda setting. Iklan tersebut mampu memersuasi khalayak dengan gambaran fakta-fakta lingkungan Jakarta yang kumuh, serta memiliki beragam polusi dan kriminalitas. Tinjauan terhadap fungsi komunikasi lingkungan menggolongkan iklan Meikarta dalam fungsi teknis yang memberikan informasi dampak kerusakan lingkungan alam dan sosial Jakarta.