Media Baru dan Peluang Counter-Hegemony atas Dominasi Logika Industri Musik (Studi Kasus Perkembangan Netlabel di Indonesia)

Main Author: Pramudyanto, Alexander Beny
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta , 2013
Online Access: http://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/154
http://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/154/236
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui relasi antara peluang counter-hegemony dengan dominasi logika industri musik. Perspektif ekonomi politik dan budaya industri digunakan dalam melakukan penelitian ini. Sebagai penelitian kualitatif kritis, digunakan metode studi kasus dengan cara observasi dan studi dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Netlabel dapat dikategorikan sebagai counter-hegemony yang berhubungan dengan dominasi logika industri musik. Sebagai counter-hegemony, Netlabel didukung oleh pengaruh fenomena pertumbuhan internet dan media baru.