IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL DI SEKOLAH DASAR SABBIHISMA PADANG
Main Author: | Danil, Muhammad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Veteran Bangun Nusantara
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/68 http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/68/64 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dari pandangan yang menganggap bahwa pelaksanaan full day school yang direncanakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, akan melahirkan rasa jenuh dan hilangnya waktu bermain anak di rumah. Untuk itu, penelitian ini menganalisa pelaksanaan full day school pada salah satu sekolah dasar di kota Padang, yakni SD Sabbihisma, sebagai upaya memperkenalkan keefesienan program full day school bagi anak-anak sekolah dasar. Melalui metode penelitian deskripitif kualitatif dan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Maka, hasil penelitian ini menemukan bahwa implementasi full day school yang dilaksanakan oleh SD Sabbihisma mampu memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan anak terutama dalam penanaman nilai-nilai karakter karena didukung oleh berbagai kegiatan dan suasana lingkungan sekolah yang menyenangkan, kekeluargaan dan kemandirian sehingga membuat siswa tidak merasa jenuh dan waktu bermain anak pun tetap terawasi oleh guru.