PENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING BERVARIASI PADA MATA PELAJARAN PKn

Main Author: Suwadi, Suwadi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Veteran Bangun Nusantara , 2018
Online Access: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/21
http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/21/21
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking bervariasi untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn topik usaha pembelaan negara bagi siswa kelas IXF SMP Negeri 1 Mojosongo semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Setting yang digunakan kelas IXF SMP Negeri 1 Mojosongo semester 1 tahun pelajaran 2016/2017 yang memiliki keaktifan dan hasil belajar siswa rendah. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan non tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan dan butir-butir soal. Untuk mengetahui keefektifan proses pembelajaran yang menerapkan strategi pembelajaran Guided Note Taking bervariasi ini, peneliti dan kolaboratur melakukan pengamatan selama proses pembelajaran. Sedangkan validitas data menggunakan content validity dan triangulasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dan kualitatif. Indikator kinerja yang diharapkan dalam penelitian ini adalah: 1) meningkatnya Aktivitas siswa dari kondisi awal 27,86% menjadi 40,00% pada siklus I, dan 50,00% pada siklus II. 2) meningkatnya hasil belajar dari kondisi awal rata-rata kelas 73,04 menjadi 80,00 pada siklus I dan 85,00 pada siklus II. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Guided Note Taking bervariasi dapat meningkatkan: 1) Aktivitas siswa dari kondisi awal yang hanya 27,86% menjadi 43,57% pada siklus I, dan 54,29% pada siklus II. 2) hasil belajar yaitu dari kondisi awal nilai rata-rata kelas 73,04 menjadi 82,14 pada siklus I dan 86,07 pada siklus II. Meningkatnya Aktivitas dan rata-rata nilai hasil belajar di dalam kelas, menunjukkan peningkatan terhadap Aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan topik usaha pembelaan Negara bagi siswa kelas IXF SMP Negeri 1 Mojosongo.Kata kunci : Pembelajaran Guided Note Taking bervariasi, Aktivitas, Hasil Belajar Siswa