Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar

Main Authors: Muflihah, Siti, Lepith, Anerbelson
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Veteran Bangun Nusantara , 2019
Online Access: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijimm/article/view/317
http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijimm/article/view/317/260
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan siswa terhadap luas dan keliling bangun datar melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas V MI Asy-Syafi’iyah Fakfak. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan per siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 18 orang yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan dan evaluasi. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 65 dengan ketuntasan klasikal sebesar 55,5% dan nilai rata-rata siklus II meningkat menjadi 84,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,44%. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa pendekatan CTL efektif mengantarkan siswa kearah pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan karena pembelajaran dilakukan di luar kelas, siswa menemukan sendiri pengetahuan baru sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang luas dan keliling bangun datar.