Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Menentukan Notasi Berdasarkan Sistem Klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) Sebagai Sumber Pembuatan Call Number (Studi Kasus Pada Mahsiswa Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Angkatan 2014

Main Authors: Mutia Nanda, Nanda Mutia, Suherman, Suherman Herman
Other Authors: Notasi, Klasifikasi, Dewey Decimal Classification (DDC), Call Number
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry , 2018
Online Access: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/4947
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/4947/3284
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan dan kendala yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menetukan notasi berdasarkan sistem klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) sebagai sumber pembuatan Call Number. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi S1 Ilmu Perpustakaan angkatan 2014 dan objeknya sebanyak 60 orang. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan frekuensi dan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan responden dalam menentukan notasi dengan menggunakan DDC masih rendah. Dari 10 pertanyaan, hanya 3 pertanyaan yang paling banyak terjawab benar, sementara 7 pertanyaan lain dijawab salah. Sedangkan dari hasil wawancara yang dilakukan untuk melihat kendala yang dihadapi oleh responden adalah rendahnya penguasaan bahasa Inggris yang merupakan bahasa sari DDC versi asli. Kendala berikutnya adalah sebagian responden tidak memiliki buku DDC sendiri. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa prodi S1 Ilmu Perpustakaan angkatan 2014 dalam menentukan notasi berdasarkan sistem klasifikasi DDC masih sangat rendah, hal ini didukung oleh hasil angket dan wawancara yang telah didapatkan oleh penulis.