PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA SISWA DI SMAN 3 TAKENGON
Main Author: | Sari Zikra, Sari Dariska Zikrayanti |
---|---|
Other Authors: | Gerakan literasi sekolah (GLS), minat baca |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/4067 https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/4067/2918 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhGerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap peningkatan minat bacasiswa di SMA Negeri 3 Takengon. Penelitian ini menggunakanmetode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuesioneryang diedarkan kepada 80 sampel dari 390 populasi denganmenggunakan teknik proportionated stratified random sampling.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh R sebesar 0,548 yangmenunjukkan bahwa hubungan antara Gerakan literasi sekolah(variabel X) dan peningkatan minat baca (variabel Y) tergolongsedang. Hasil uji F terbukti bahwa F hitung 33,464 > F tabel 0,2199, makahipotesis alternativ (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Gerakan LiterasiSekolah (GLS) memliliki sedikit pengaruh terhadap peningkatanminat baca siswa. Sedangakan hasil koefisien determinasi sebesar0,300 menunjukkan bahwa variabel independen mempengaruhivariabel dependen sebesar 30%.