PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA SISWA DI SMAN 3 TAKENGON

Main Author: Sari Zikra, Sari Dariska Zikrayanti
Other Authors: Gerakan literasi sekolah (GLS), minat baca
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry , 2019
Online Access: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/4067
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/4067/2918
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhGerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap peningkatan minat bacasiswa di SMA Negeri 3 Takengon. Penelitian ini menggunakanmetode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuesioneryang diedarkan kepada 80 sampel dari 390 populasi denganmenggunakan teknik proportionated stratified random sampling.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh R sebesar 0,548 yangmenunjukkan bahwa hubungan antara Gerakan literasi sekolah(variabel X) dan peningkatan minat baca (variabel Y) tergolongsedang. Hasil uji F terbukti bahwa F hitung 33,464 > F tabel 0,2199, makahipotesis alternativ (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Gerakan LiterasiSekolah (GLS) memliliki sedikit pengaruh terhadap peningkatanminat baca siswa. Sedangakan hasil koefisien determinasi sebesar0,300 menunjukkan bahwa variabel independen mempengaruhivariabel dependen sebesar 30%.