Daftar Isi:
  • Masihkurangnyapengetahuanmasyarakattentangbahayanarkobadanbelumbanyak media yang digunakandalampenyampaianinformasitentangbahayanarkobayaitusalahsatunyadengan media game.Olehkarenaitudalampenelitianiniakandibuatgame 2d sebagai media edukasitentangbahayanarkoba agar mampumemperluaspengetahuanmasyarakattentangbahayanarkobadengancara yang menyenangkan. Game 2d initelahdibuatdengansoftware pembuatgame. Metodepengembangan yang dipakaipadapenelitianiniadalahMetodePengembangan Multimedia menurut Luther Sutopo (Praproduksi, ProduksidanPascaproduksi).Penelitianinidibagimenjadi 2 tahappengujian, petamatahappengujianteknikyaituuntukmengujiapakahgameitusudahberjalansesuaidenganapa yang diharapkandanpengujianterhadaprespondenuntukmengetahuiapakahgameinimampumemberikanedukasitentangbahayanarkobakepadamasyarakat. Hasilpenelitianterhadaprespondenmenunjukkanbahwagameedukasiinimampumengajakmasyarakatuntuksadartentangbahayanarkobadenganmenampilkanalurcerita,grafis, karakter yang ditampilkanserta audio yang menariksehinggalebihefektifsebagai media edukasiterlihatdarihasilnilai yang diinginkanpadakuesionersebesarsebesar 86,6 % dariresponden.