Daftar Isi:
  • Metodesubstitusipenggunaansampahplastikpadaperkerasanjalanadalahsuatuteknologialternatifdalamkonstruksiperkerasanjalan yang memungkinkanpenggunaanbahanlimbahdarisampahplastik. Olehkarenaitu, penelitimencobamenggunakansampahplastikuntukbahancampuransebagiandariaspal. Penelitianinibertujuanuntukmengidentifikasinilaikadaraspal optimum, stabilitas, kelelehan, VIM, VMA, VFA dan MQ padacampuranaspalbeton AC-BC yang mengandungplastikdantanpacampuranplastik.Tahapanawaldaripenelitianiniadalahmencaripersentasekadaraspal yang paling optimal padacampuranvariasiaspal normal, didapatkanpenggunaankadaraspal yang paling optimal adalah 5,1%. Kemudian di substitusikandenganplastikmulaidari 5% ; 7,5% ; 10% ; dan 12,5% dengancaramenggantikansebagianaspaldenganplastikterhadappenambahankadaraspal yang paling optimum. Nilaistabilitastertinggiberadapadacampuran 12,5% kadarplastikterhadapkadaraspal optimal yaitu 1922 kg, sedangkannilaiflowpadakadarplastik 12,5% yaitu 3,372 mm. Semakinmeningkatnyakadarplastik yang ada di dalamcampuran, makanilaiMarshall Quotientsemakinnaik, nilai Marshall Quotienttertinggiberadapadapenambahanplastik 12,5% daripenambahankadaraspal optimal yaitu 573,477 kg/mm. Dari semua parameter yang ada, menunjukkanbahwaadanyapenggantiansebagianaspalmenggunakanplastikdapatmeningkatkannilaikekuatansertakelenturancampuranperkerasanjalan.