PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA JALAN PULAU PANGGUNG – SEGAMIT STA 1 + 700 – STA 6 + 838KABUPATEN MUARA ENIM PROVINSI SUMATERA SELATAN
Main Authors: | Sundari, Atika, Adista, Sonia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.polsri.ac.id/8525/1/File%20I.pdf http://eprints.polsri.ac.id/8525/2/File%20II.pdf http://eprints.polsri.ac.id/8525/3/File%20III.pdf http://eprints.polsri.ac.id/8525/4/File%20IV.pdf http://eprints.polsri.ac.id/8525/5/File%20V.pdf http://eprints.polsri.ac.id/8525/6/File%20VI.pdf http://eprints.polsri.ac.id/8525/7/File%20VII.pdf http://eprints.polsri.ac.id/8525/ |
Daftar Isi:
- Jalan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan baik lokal maupun Nasional. Di dalam penulisan laporan akhir ini, penulis ingin mengetahui bagaimana perencanaan yang baik dalam merencanakan desain geometrik, tebal perkerasan, dan bangunan pelengkap pada Jalan Pulau Panggung – Segamit kabupaten Muara Enim, sehingga jalan yang akan dilalui dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan ekonomis bagi pengguna jalan. Di dalam penulisan laporan akhir ini, penulis melakukan perencanaan ulang bagaimana yang baik dalam merencanakan desain geometrik, konstruksi perkerasan lentur, kelas jalan, dan perhitungan anggaran biaya pada ruas Jalan Pulau Panggung – Segamit Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan. Di dalam merencanakan desain geometrik jalan raya, hal–hal yang menjadi acuan dalam perencanaan meliputi perhitungan alinyemen horizontal, alinyemen vertikal, kelas jalan, serta menetapan perkerasan apa yang digunakan. Dari hasil perhitungan – perhitungan maka Jalan Pulau Panggung – Segamit Kabupaten Muara Enim ini merupakan jalan Kolektor kelas II B dengan kecepatan rencana 60 km/jam, terdapat 2 lajur 2 arah dengan lebar jalan 2 x 3m, dan lebar bahu jalan 1,5 m. Pada jalan ini menggunakan 9 buah tikungan. Lapis permukaan jalan menggunakan Lapis Pondasi agregat kelas B CBR 60% = 15 cm, Lapis Pondasi agregat kelas A CBR 90% = 15 cm, AC-Base dengan ketebalan 7,5 cm, AC-BC dengan tebal 6 cm, AC-WC dengan tebal 4 cm. Dan pembangunan ruas jalan ini dilaksanakan dalam waktu 113hari kerja dengan total Rp102.780.068.000,00 (Seratus Dua Milyar Tujuh Ratus Delapan Puluh Juta Enam Puluh Delapan Ribu Rupiah).