Daftar Isi:
  • Padapersimpanganseringtimbulberbagaihambatan-hambatanlalulintas, halinidiakibatkanolehketidakdisiplinanparapenggunajalan yang tidakmematuhiperaturanlalulintas yang adadankondisidisekitarpersimpangan yang komersial. Olehkarenaituperludilakukanperhitunganterhadapkinerjapersimpanganjalan. Tujuanpenelitianiniadalahmengetahuikinerjapersimpangan yang terdiridarimenghitungkapasitas, derajatkejenuhan, dantundaanpadapersimpangan. Dalammenganalisiskapasitasdantingkatkinerjasuatusimpangbersinyalharusdiambil data-data darilapangan yang berupa data geometric simpang, jenisdanjumlahkendaraan yang melintaspersimpangan, setelahdikalikandenganangkaekivalen (emp) darimasing-masingkendaraansehinggadiperolehkeseragamandalamsuatumobilpenumpang (smp) kemudiandihitungkapasitasdantingkatkinerjapersimpangan yang meliputiderajatkejenuhandantundaansimpangdenganmetode Manual KapasitasJalan Indonesia (MKJI), 1997. Dari hasilanalisa yang didapatperhitunganwaktusiklussebesar 50 detik, kapasitaspersimpangansebesar 2539 smp/jam dan volume aruslalulintasterbesaradalah 1346 smp/jam dandidapattingkatpelayananpadapersimpangantersebutadalahtingkatpelayanan C.