Daftar Isi:
  • Pelayanan terhadap kebutuhan listrik yang efektif dan kepuasan konsumen merupakan tuntutan yang harus dipenuhi oleh Perusahaan Listrik Negara. Berbagai cara diupayakan untuk meningkatkan mutu, akses dan pelayanan, salah satunya dengan cara penggantian kwh meter bermasalah. Dengan data penggantian kWh meter yang diambil pada bulan Februari dimana kWh meter tersebut macet atau buram selama 2 bulan dan pemakaian kwh meter yang dilihat adalah 2 bulan sebelum kwh meter diganti dan 2 bulan setelah kwh meter diganti. Mengukur efektivitas dan dampak penggantian kwh bermasalah tersebut efektif atau tidak, serta dampaknya terhadap konsumen dan perusahaan itu sendiri dapat dilihat dari kWh jual setelah kwh meter macet dan buram diganti. Pemakaian kwh meter setelah diganti lebih meningkat, setelah dihitung kwh saving setelah penggantian kwh meter macet sebesar 71,3kWh, dan kwh saving setelah penggantian kwh meter buram adalah 44,8 kWh. Jadi penggantian kWh merupakan cara yang efektif untuk mengurangi susut non teknis pada perusahaan.