RANCANG BANGUN STALL WARNING SYSTEM PADA AIRFOIL NACA 6412 BERBASIS MICROCONTROLLER ATMEGA 328
Main Author: | BANGSA, PUJA TARUNA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.polsri.ac.id/7960/1/FILE%20I.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7960/2/FILE%20II.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7960/3/FILE%20III.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7960/4/FILE%20IV.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7960/5/FILE%20V.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7960/6/FILE%20VI.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7960/7/FILE%20VII.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7960/ |
Daftar Isi:
- Dalam dunia transportasi terkhusus pada pesawat terbang adalah tranportasi yang paling maju dan canggih saat ini dan karena itu rasa keamanan pun sangat penting. Pada saat pesawat terbang di udara, pesawat akan menerima beban dari tekanan udara diatas, dan pada hal ini sayap pesawat sangat berpengaruh untuk menentukan sudut serang agar pesawat tidak mengalami peristiwa kehilangan daya angkat atau biasa yang kita sebut sebagai stall serta tergantung dengan bentuk airfoil nya masing-masing. Maka dari itu pesawat terbang didukung dengan sistem yang disebut dengan stall warningagar dapat menjaga titik seimbang dari ketika pesawat terbang di udara. Sistem stall warning adalah sebuah instrumentasi peringatan kepada pengontrol gerak pesawat. Stall warning akan menjaga dan membatasi pergerakan wing agar tidak melewati dari sudut maksimal. Dalam penelitian ini penulis akan membuat suatu simulasi stall warning yang mana nanti akan menggunakan indikator berupa lampu led dan buzzer. Untuk media simulasi akan menggunakan wind tunnel danbentuk airfoil dari pesawat yang akan digunakan adalah airfoil NACA 6412. Dalam penelitian ini penulis menggunakan 3 sudut berbeda sebagai sudut yang akan diujikan pada airfol. Ketika sudut pada airfoil normal antara 0-19o indikator tidak akan aktif. Ketika sudut airfoil diubah menjadi 20omaka stall warning system akan aktif dan menyalakan indikator pertama berupa lampu LED sebagai peringatan awal. Dan ketika sudut pada airfoil dinaikkan menjadi >20°, stall warning system akan tetap aktif dan akan menyalakan indikator kedua berupa buzzer yang akan memberikan peringatan bahwa pesawat sudah melewati sudut maksimal dari angle of attack dan mengindikasikan pesawat telah mengalami stall.