ctrlnum 7893
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.polsri.ac.id/7893/</relation><title>RANCANG BANGUN PROTOTIPE ENGINE FIRE PROTECTION SYSTEM DI UPPER FAN CASE DAN LOWER FAN CASE BERBASIS MIKROKONTROLER</title><creator>SUSANTI, LENI</creator><subject>TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering</subject><description>Pesawat terbang adalah alat transportasi udara yang berteknologi canggih dan harus dipastikan selalu aman. Kebakaran dapat menjadi ancaman terhadap keamanan sebuah pesawat yang harus ditanggulangi. Engine sebagai bagian utama dari pesawat sebagai penghasil thrust (daya dorong) dan menjadi sumber daya bagi sistem di pesawat terbang menjadi bagian yang berpotensi besar terjadi kebakaran. Kemungkinan terjadinya kebakaran pada pesawat terbang, khususnya pada bagian fan case compartment di engine dan sistem pemadam kebakaran di engine pesawat terbang masih secara manual menjadi latar belakang pembuatan prototipe ini. &#xD; Pada rancang bangun ini dibuat prototipe sistem pemadam kebakaran pada engine secara otomatis. Sistem ini menggunakan dua buah sensor suhu DS18B20 yang diletakkan di upper fan case dan lower fan case dengan sistem kerja yang sama. Suhu yang digunakan adalah hasil dari rasio 1:5 dari suhu pendeteksi kebakaran pada fan case compartment di engine sesungguhnya. &#xD; Sistem ini bekerja pada saat sensor mendeteksi kenaikan suhu hingga mencapai suhu &#x2265;60,80C yang mengindikasikan terjadi kebakaran, sistem menyalakan indikasi berupa LED dan buzzer kemudian mikrokontroler memerintahkan relai menyalakan water pump. Apabila suhu turun mencapai &#x2264;60.80C maka relai akan mematikan water pump, LED dan buzzer pun OFF yang mengindikasikan bahwa api telah padam.</description><date>2019-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7893/1/FILE%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7893/2/FILE%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7893/3/FILE%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7893/4/FILE%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7893/5/FILE%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7893/6/FILE%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7893/7/FILE%20VII.pdf</identifier><identifier> SUSANTI, LENI (2019) RANCANG BANGUN PROTOTIPE ENGINE FIRE PROTECTION SYSTEM DI UPPER FAN CASE DAN LOWER FAN CASE BERBASIS MIKROKONTROLER. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya. </identifier><recordID>7893</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SUSANTI, LENI
title RANCANG BANGUN PROTOTIPE ENGINE FIRE PROTECTION SYSTEM DI UPPER FAN CASE DAN LOWER FAN CASE BERBASIS MIKROKONTROLER
publishDate 2019
topic TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
url http://eprints.polsri.ac.id/7893/1/FILE%20I.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7893/2/FILE%20II.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7893/3/FILE%20III.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7893/4/FILE%20IV.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7893/5/FILE%20V.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7893/6/FILE%20VI.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7893/7/FILE%20VII.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7893/
contents Pesawat terbang adalah alat transportasi udara yang berteknologi canggih dan harus dipastikan selalu aman. Kebakaran dapat menjadi ancaman terhadap keamanan sebuah pesawat yang harus ditanggulangi. Engine sebagai bagian utama dari pesawat sebagai penghasil thrust (daya dorong) dan menjadi sumber daya bagi sistem di pesawat terbang menjadi bagian yang berpotensi besar terjadi kebakaran. Kemungkinan terjadinya kebakaran pada pesawat terbang, khususnya pada bagian fan case compartment di engine dan sistem pemadam kebakaran di engine pesawat terbang masih secara manual menjadi latar belakang pembuatan prototipe ini. Pada rancang bangun ini dibuat prototipe sistem pemadam kebakaran pada engine secara otomatis. Sistem ini menggunakan dua buah sensor suhu DS18B20 yang diletakkan di upper fan case dan lower fan case dengan sistem kerja yang sama. Suhu yang digunakan adalah hasil dari rasio 1:5 dari suhu pendeteksi kebakaran pada fan case compartment di engine sesungguhnya. Sistem ini bekerja pada saat sensor mendeteksi kenaikan suhu hingga mencapai suhu ≥60,80C yang mengindikasikan terjadi kebakaran, sistem menyalakan indikasi berupa LED dan buzzer kemudian mikrokontroler memerintahkan relai menyalakan water pump. Apabila suhu turun mencapai ≤60.80C maka relai akan mematikan water pump, LED dan buzzer pun OFF yang mengindikasikan bahwa api telah padam.
id IOS15200.7893
institution Politeknik Negeri Sriwijaya
institution_id 186
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya
library_id 333
collection Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya
repository_id 15200
city KOTA PALEMBANG
province SUMATERA SELATAN
repoId IOS15200
first_indexed 2021-08-25T09:33:46Z
last_indexed 2021-08-25T09:33:46Z
recordtype dc
_version_ 1709058341711380480
score 17.538404