RANCANG BANGUN PERGERAKAN SPOILER PADA WING TERHADAP AIRFLOW MENGGUNAKAN WIND TUNNEL
Main Author: | ALI, HAIDAR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.polsri.ac.id/7890/1/FILE%201.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7890/2/File%202.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7890/3/file%203.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7890/4/file%204.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7890/6/file%205.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7890/5/file%206.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7890/7/DAFTAR%20PUSTAKA.docx http://eprints.polsri.ac.id/7890/ |
ctrlnum |
7890 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.polsri.ac.id/7890/</relation><title>RANCANG BANGUN PERGERAKAN SPOILER PADA WING TERHADAP AIRFLOW MENGGUNAKAN WIND TUNNEL</title><creator>ALI, HAIDAR</creator><subject>TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering</subject><description>Spoiler merupakan salah satu bidang kendali sekunder yang dipasang pada bagian atas sayap pesawat terbang sebelah kiri dan kanan. Secara umum, fungsi dari spoiler adalah membantu kerja bidang kendali primer dalam mengatur pergerakan pesawat terbang pada saat terbang,mendarat maupun pada saat melakukan pergerakan di darat.Pada saat dioperasikan, maka spoiler membuka ke atas dan membentuk sudut terhadap sayap
Pengujian terhadap sudut 0o, 25o, dan 50o dengan tujuan untuk mendapatkan sudut defleksi spoiler yang efektif. Metode pengujian yang digunakan adalah dengan menempatkan model uji di dalam terowongan angin (Wind Tunnel).
Hasil analisis data pengujian menunjukkan sudut defleksi 50o paling efektif untuk digunakan, terutama untuk pengereman saat mendarat.Penggunaan sudut 50o diambil sesuai dengan Batasan sudut spoiler yakni 50o yang diambil berdasarkan referensi maksimal sudut kritis spoiler angle pada pesawat sesungguhnya.</description><date>2019-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7890/1/FILE%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7890/2/File%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7890/3/file%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7890/4/file%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7890/6/file%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7890/5/file%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7890/7/DAFTAR%20PUSTAKA.docx</identifier><identifier> ALI, HAIDAR (2019) RANCANG BANGUN PERGERAKAN SPOILER PADA WING TERHADAP AIRFLOW MENGGUNAKAN WIND TUNNEL. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya. </identifier><recordID>7890</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
ALI, HAIDAR |
title |
RANCANG BANGUN PERGERAKAN SPOILER PADA WING TERHADAP AIRFLOW MENGGUNAKAN WIND TUNNEL |
publishDate |
2019 |
topic |
TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
url |
http://eprints.polsri.ac.id/7890/1/FILE%201.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7890/2/File%202.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7890/3/file%203.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7890/4/file%204.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7890/6/file%205.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7890/5/file%206.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7890/7/DAFTAR%20PUSTAKA.docx http://eprints.polsri.ac.id/7890/ |
contents |
Spoiler merupakan salah satu bidang kendali sekunder yang dipasang pada bagian atas sayap pesawat terbang sebelah kiri dan kanan. Secara umum, fungsi dari spoiler adalah membantu kerja bidang kendali primer dalam mengatur pergerakan pesawat terbang pada saat terbang,mendarat maupun pada saat melakukan pergerakan di darat.Pada saat dioperasikan, maka spoiler membuka ke atas dan membentuk sudut terhadap sayap
Pengujian terhadap sudut 0o, 25o, dan 50o dengan tujuan untuk mendapatkan sudut defleksi spoiler yang efektif. Metode pengujian yang digunakan adalah dengan menempatkan model uji di dalam terowongan angin (Wind Tunnel).
Hasil analisis data pengujian menunjukkan sudut defleksi 50o paling efektif untuk digunakan, terutama untuk pengereman saat mendarat.Penggunaan sudut 50o diambil sesuai dengan Batasan sudut spoiler yakni 50o yang diambil berdasarkan referensi maksimal sudut kritis spoiler angle pada pesawat sesungguhnya. |
id |
IOS15200.7890 |
institution |
Politeknik Negeri Sriwijaya |
institution_id |
186 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya |
library_id |
333 |
collection |
Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya |
repository_id |
15200 |
city |
KOTA PALEMBANG |
province |
SUMATERA SELATAN |
repoId |
IOS15200 |
first_indexed |
2021-08-25T09:33:46Z |
last_indexed |
2021-08-25T09:33:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1709058341773246464 |
score |
17.538404 |