ctrlnum 7890
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.polsri.ac.id/7890/</relation><title>RANCANG BANGUN PERGERAKAN SPOILER PADA WING TERHADAP AIRFLOW MENGGUNAKAN WIND TUNNEL</title><creator>ALI, HAIDAR</creator><subject>TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering</subject><description>Spoiler merupakan salah satu bidang kendali sekunder yang dipasang pada bagian atas sayap pesawat terbang sebelah kiri dan kanan. Secara umum, fungsi dari spoiler adalah membantu kerja bidang kendali primer dalam mengatur pergerakan pesawat terbang pada saat terbang,mendarat maupun pada saat melakukan pergerakan di darat.Pada saat dioperasikan, maka spoiler membuka ke atas dan membentuk sudut terhadap sayap&#xD; Pengujian terhadap sudut 0o, 25o, dan 50o dengan tujuan untuk mendapatkan sudut defleksi spoiler yang efektif. Metode pengujian yang digunakan adalah dengan menempatkan model uji di dalam terowongan angin (Wind Tunnel).&#xD; Hasil analisis data pengujian menunjukkan sudut defleksi 50o paling efektif untuk digunakan, terutama untuk pengereman saat mendarat.Penggunaan sudut 50o diambil sesuai dengan Batasan sudut spoiler yakni 50o yang diambil berdasarkan referensi maksimal sudut kritis spoiler angle pada pesawat sesungguhnya.</description><date>2019-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7890/1/FILE%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7890/2/File%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7890/3/file%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7890/4/file%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7890/6/file%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7890/5/file%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.polsri.ac.id/7890/7/DAFTAR%20PUSTAKA.docx</identifier><identifier> ALI, HAIDAR (2019) RANCANG BANGUN PERGERAKAN SPOILER PADA WING TERHADAP AIRFLOW MENGGUNAKAN WIND TUNNEL. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya. </identifier><recordID>7890</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ALI, HAIDAR
title RANCANG BANGUN PERGERAKAN SPOILER PADA WING TERHADAP AIRFLOW MENGGUNAKAN WIND TUNNEL
publishDate 2019
topic TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
url http://eprints.polsri.ac.id/7890/1/FILE%201.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7890/2/File%202.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7890/3/file%203.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7890/4/file%204.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7890/6/file%205.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7890/5/file%206.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7890/7/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://eprints.polsri.ac.id/7890/
contents Spoiler merupakan salah satu bidang kendali sekunder yang dipasang pada bagian atas sayap pesawat terbang sebelah kiri dan kanan. Secara umum, fungsi dari spoiler adalah membantu kerja bidang kendali primer dalam mengatur pergerakan pesawat terbang pada saat terbang,mendarat maupun pada saat melakukan pergerakan di darat.Pada saat dioperasikan, maka spoiler membuka ke atas dan membentuk sudut terhadap sayap Pengujian terhadap sudut 0o, 25o, dan 50o dengan tujuan untuk mendapatkan sudut defleksi spoiler yang efektif. Metode pengujian yang digunakan adalah dengan menempatkan model uji di dalam terowongan angin (Wind Tunnel). Hasil analisis data pengujian menunjukkan sudut defleksi 50o paling efektif untuk digunakan, terutama untuk pengereman saat mendarat.Penggunaan sudut 50o diambil sesuai dengan Batasan sudut spoiler yakni 50o yang diambil berdasarkan referensi maksimal sudut kritis spoiler angle pada pesawat sesungguhnya.
id IOS15200.7890
institution Politeknik Negeri Sriwijaya
institution_id 186
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya
library_id 333
collection Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya
repository_id 15200
city KOTA PALEMBANG
province SUMATERA SELATAN
repoId IOS15200
first_indexed 2021-08-25T09:33:46Z
last_indexed 2021-08-25T09:33:46Z
recordtype dc
_version_ 1709058341773246464
score 17.538404