RANCANG BANGUN PERGERAKAN FLAP TERHADAP AIFLOW DALAM SIMULASI WIND TUNNEL
Main Author: | AL HANIF, HARIZ |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.polsri.ac.id/7889/1/File%201.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7889/2/File%202.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7889/3/File%203.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7889/4/File%204.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7889/5/File%205.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7889/6/File%206.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7889/7/File%207.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7889/ |
Daftar Isi:
- Pesawat memiliki banyak sistem didalam nya, salah satunya Flight Control System. Flight Control System terdiri dari dua jenis, yaitu Primary Flight Control dan Secondary Flight Control. Untuk membantu pesawat menambah gaya angkat dan gaya hambat, pesawat dilengkapi dengan Flap, yang merupakan salah satu jenis Secondary Flight Control. Alat ini menggunakan Motor Servo SG-90 sebagai penggerak dari flap. Pergerakan motor servo akan dipengaruhi oleh putaran dari Rotary Encoder KY-040, yang keduanya dikoneksikan pada PIN Digital Input/Output dari Arduino UNO yang akan mengirimkan data yang telah dimasukan berupa nilai sudut yang telah ditentukan. Pada saat sudut flap telah mencapai maksimum yaitu 60o airfoil mendapat gaya hambat yang paling besar, yaitu sebesar 14,5% sehingga dapat membantu pesawat pada saat proses landing, sedangkan saat sudut flap mencapai 10o sampai 30o airfoil mendapat gaya angkat yang paling besar, yaitu 4,3% dan 9,2% yang dapat membantu pesawat dalam proses take-off.