Daftar Isi:
  • Tujuan penulisan Laporan Akhir ini adalah untuk membuat Aplikasi Helpdesk Pelayanan Pelanggan pada PDAM Tirta Musi Unit Pelayanan Karang Anyar Palembang Berbasis Website karena bagian pelayanan masih menginput manual dan pelanggan harus datang langsung ke bagian pelayanan untuk mengajukan pasang baru serta mengajukan keluhan. Dapat disimpulkan sistem lama ini kurang efektif dan efisien. Aplikasi ini dibuat untuk membantu memudahkan pelayanan dari PDAM Tirta Musi Unit Karang Anyar serta membantu memudahkan pelanggan mendaftar pasang baru, mengajukan keluhan serta secara cepat mengetahui gangguan pengaliran atau, kebocoran, dan kerusakan di daerah tertentu yang diinput admin dengan pengumuman, melalui website ini. Aplikasi ini terdiri dari 2 user yaitu admin dan pelanggan. Admin dapat mengolah data user login, data konfrmasi pasang baru, konfirmasi keluhan, menginput pengumuman. Dan pelanggan dapat menginput informasi identitas pasang barunya, menginput data keluhannya, aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP serta sistem database MySQL. Sistem ini akan menghasilkan data pasang baru pelanggan, data keluhan pelanggan, dan mempermudah admin khususnya di bagian pelayanan .