STRATEGI PENGEMBANGANDESTINASI WISATA AIR TERJUN SANGHE DI KABUPATEN EMPAT LAWANGSUMATERA SELATAN,MELALUI UNSUR 3A (AKSESIBILITAS, AMENITAS DAN ATRAKSI)

Main Author: INDASARI, INTAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.polsri.ac.id/7351/1/cover.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7351/2/BAB%20I%20.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7351/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7351/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7351/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7351/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7351/7/daftar%20pustaka.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/7351/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan objek wisata air terjun Sanghe di Desa Terusan Baru, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, melalui unsur 3A yaitu: aksesibilitas, amenitas, dan atraksi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Peneliti menggunakan rumus Roscoe dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT serta matrik internal dan eksternal (IE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Air Terjun Sanghe telah mempunyai beberapa strategi yang dimaksudkan untuk memaksimalkan pengelolaan serta pengembangan. Berdasarkan hasil analisis SWOT, objek wisata Air Terjun Sanghe berada pada posisi mendukung strategi agresif, yaitu Air Terjun Sanghe memiliki “kekuatan dan peluang” sehingga mampu memanfaatkan peluang yang ada. Adapun strategi alternatifnya yaitu, strategi S-O: Memanfaatkan kebijakan pemerintah setempat untuk mengelola objek wisata Air Terjun Sanghe, bekerja sama dengan pemerintah setempat dan organisasi kepemudaan dalam mempromosikan keindahan objek wisata Air Terjun Sanghe, memberdayakan masyarakat setempat dengan membentuk kelompok sadar wisata, serta memanfaatkan lahan yang luas untuk membangun fasilitas-fasilitas pendukung.