PERSEPSI WISATAWAN TENTANG KOMPONEN PARIWISATA PADA KAWASAN WISATA GUNUNG DEMPO KOTA PAGAR ALAM
Main Author: | Librayani, Fatimah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.polsri.ac.id/7334/1/COVER.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7334/2/BAB%20I.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7334/3/BAB%20II.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7334/4/BAB%20III.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7334/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7334/6/BAB%20V.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7334/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.polsri.ac.id/7334/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi wisatawan yang sedang berkunjung di kawasan wisata Gunung Dempo Kota Pagar Alam yang ditinjau dari 4 (empat) komponen pariwisata, yaitu atraksi, amenitas, aksesibilitas dan pelayanan tambahan pada kawasan tersebut. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara tidak terstruktur, dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan deskriptif dengan teknik sampling yaitu sampling incidental. Kuesioner dibagikan kepada 100 orang wisatawan yang sedang berkunjung di kawasan wisata Gunung Dempo Kota Pagar Alam dengan skala pengukuran penelitian yaitu skala likert. Kemudian data kuesioner dihitung menggunakan rumus interpretasi skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan persepsi wisatawan tentang komponen pariwisata atraksi, amenitas dan aksesibilitas terkategori baik. Akan tetapi pada pernyataan mengenai makanan khas, transportasi umum, tempat sampah yang mudah ditemukan, dan kemudahan mendapatkan jaringan seluler mendapatkan skor rendah. Sedangkan untuk komponen pelayanan tambahan masih berada dikategori cukup dikarenakan sebagian besar pernyataan mendapatkan skor yang relatif rendah, seperti pernyataan mengenai brosur wisata, pusat informasi wisatawan, pemandu wisata dan penyediaan ATM.