Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi multimedia dewasa ini telah membawa banyak kemajuan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Penggunaan media (termasuk alat peraga) dalam pembelajaran matematika di SD sangat diperlukan, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diberikan. Di Sekolah Dasar Negeri 07 Sembawa, ada beberapa kesulitan yang dihadapi oleh siswa diantaranya sering dilihat pada operasi hitung matematika terkhusus pada soal cerita yang meliputi penjumlahan, perkalian dan pecahan. Tujuan penelitiann ini yaitu untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis animasi 2 dimensi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Proses pengembangan media dimulai dari tahap perancangan konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan dan tahap terakhir adalah tahap pengujian. Media pembelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar berbasis animasi 2 dimensi yang terfokus pada soal cerita untuk siswa kelas I,II dan III ini teruji efektif dengan hasil penilaian untuk segi tampilan rata-rata sebesar 88,5%. Sedangkan penilaian untuk segi materi rata-rata sebesar 88,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar berbasis animasi 2 dimensi ini mudah di pahami dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran matematika.