ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI”TOOTHPEDIA”SEBAGAI MEDIA EDUKASI KESEHATAN GIGI DAN MULUT BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat membantu anak-anak memahami tentang kesehatan gigi dan mulut dan mengetahui tingkat kelayakan aplikasi yang dikembangkan ditinjau dari aspek functional suitability, performance efficiency, portability, dan usability. Penelitian dan pengembangan aplikasi menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yaitu metode penelitian yang bertujuan menghasilkan produk tertentu serta menguji efektivitas produk tersebut (Sudaryono, 2011: 30). Produk dikembangkan dengan menggunakan metode waterfall proscess model. Model pengembangan perangkat lunak waterfall memiliki lima tahapan (Pressman, 2010:15), yaitu communication (komunikasi dan kolaborasi), planning (perencanaan), modelling (pemodelan), construction (implementasi), dan deployment (distribusi). Uji kelayakan menggunakan empat aspek ISO 25010. Aspek-aspek tersebut adalah functional suitability, performance efficiency, portability, dan usability. Hasil pengujian tersebut adalah aplikasi dinyatakan sangat layak dari aspek functional suitability dan portability. Sedangkan dari aspek performance efficiency dinyatakan sangat puas dan aspek usability aplikasi dinyatakan layak.