VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PEMBERIAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI BERBASIS MOTION GRAPHIC
Daftar Isi:
- Imunisasi merupakan salah satu program layanan kesehatan masyarakat yang terbukti paling cost effective yang telah dilaksanakan di Indonesia pada tahun 1956. Cakupan Imunisasi dasar di Asia Tenggara termasuk rendah karena disebabkan oleh banyak faktor diantaranya pendidikan, pengetahuan, umur, paritas dan minat. Untuk itu, dalam penelitian ini motion graphic digunakan untuk memberikan informasi dan menambah pemahaman pentingnya pemberian imunisasi dasar pada bayi dengan sarana yang berbeda sehingga lebih menarik untuk ditonton. Video Iklan layanan masyarakat berbasis motion graphic ini berisi tentang pengaruh bayi jika tidak mendapatkan imunisasi dan jadwal pemberian imunisasi dasar itu sendiri pada bayi. Dengan metodepengembangan multimedia yang digunakanadalahmetode Luther Sutopo yaituKonsep, Perancangan, Pengumpulan Materi Konten, Pembuatan, Pengujian dan Distribusi. Untuk tahapan pengujian terdiri dari 2 langkah pengujian, pertama pengujian secara teknis dan pengujian responden. Berdasarkanhasil analisis data dapatdari 30 orang responden disimpulkanbahwapengaruh video iklanlayananmasyarakatberbasismotion graphiclebihmudahdimengerti menunjukkanangka sebesar 93.33% dandianggapmampumengedukasimasyarakat menunjukkan angka sebesar 90.66%.