Daftar Isi:
  • Meningkatkan performa mesin sepeda motor melalui modifikasi di system pengapian merupakan solusi yang terus-menerus dilakukan di dunia otomotif saat ini. Upaya yang dilakukan dalam perbaikan sistem pengapian adalah dengan cara penggantian tipe pada busi. Dengan melakukan penggantian busi tipe dingin dengan busi tipe panas dan kerenggangan celah elektroda yang berbeda diharapkan mampu mengetahui yang terjadi pada putaran mesin. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya perbedaan putaran mesin pada sepeda motor Honda BeAT Pop ,Honda BeAT eSP dan Honda BeAT Street yang dihasilkan dari jenis koil standard, imitasi dan racing pada range kecepatan putaran 1400 Rpm – 1700 Rpm. Hasil pengujian menunjukan variasi koil berpengaruh terhadap output putaran mesin (Rpm). Koil standard memiliki nilai putaran mesin (Rpm) lebih tinggi dari jenis koil imitasi dan koil racing dengan nilai kecepatan putaran 1644 Rpm. Sedangkan untuk koil dengan kecepatan putaran terendah memiliki nilai kecepatan putaran 1500 Rpm untuk koil imitasi