Daftar Isi:
  • Laporan ini untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan dan fasilitas yang disediakan LRT sebagai transportasi umum. Penulis menggunakan pendekatan deskriptif dalam melaksanakan penelitian ini. Permasalahan dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan dan fasilitas yang disediakan LRT sebagai transportasi umum. Data dikumpulkan melalui kuisioner dan penulis mendistribusikan kuisioner kepada 100 responden. Data dianalisis menggunakan metode penelitian kuantitaif. Hasil menunjukan pelayanan dilihat dari 5 elemen: kecepatan, ketepatan, keamanan, keramah-tamahan dan kenyamanan, dan fasilitas dilihat dari 5 faktor: desain fasilitas dan estetis, nilai fungsi, kondisi pendukung, peralatan pendukung dan seragam karyawan. Hal ini menunjukan hasil yang baik untuk kepuasan penumpang terhadap pelayanan dan fasilitas yang disediakan LRT. Elemen dari pelayanan yang mempunyai nilai indeks tertinggi adalah kenyamanan dan factor dari fasilitas yang mempunyai nilai indeks tertinggi adalah seragam karyawan. Tetapi, nilai indeks terendah dari pelayanan adalah keramah-tamahan dan nilai indeks terendah dari fasilitas adalah nilai fungsi.