Daftar Isi:
  • Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk membuat strategi pemasaran jasa dalam meningkatkan pemasangan iklan di Surat Kabar Harian Sumatera Ekspres Palembang menggunakan analisis SWOT. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara serta pembagian kuesioner. Kuesioner tersebut dibagikan kepada sampel yang telah ditentukan, dalam penelitian ini terdiri atas sampel internal dan sampel eksternal perusahaan yang berjumlah 70 orang. Kemudian data dianalisis menggunakan diagram dan matrik SWOT. Hasil penelitian menggunakan diagram analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I yaitu posisi yang menguntungkan di mana perusahaan memiliki kekuatan serta peluang yang tinggi. Sehingga Sumatera Ekspres mampu merebut seluruh peluang dengan mamanfaatkan kekuatan yang ada. Strategi pemasaran jasa yang tepat adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth-oriented strategy). Hasil penelitian menunjukkan bahwa total skor yang diperoleh faktor strength lebih unggul dibandingkan dengan weakness dan total skor dari faktor opportunities lebih unggul dibandingkan threats. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perusahaan memiliki peluang yang besar serta mampu merebut peluang yang ada dengan kekuatan unggul yang dimilikinya.