Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen atraksi, amenitas, aksesibilitas dan pelayanan tambahan yang dimiliki oleh Museum Balaputra Dewa dan strategi alternatif untuk komponen daya tarik wisata di Museum Balaputra Dewa. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Metode analisis deskripsi kualitatif dan analisis SWOT. Analisis deskripsi kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan komponen atraksi, amenitas, aksesibilitas dan pelayanan tambahan yang dimiliki Museum Balaputra Dewa, kemudian analisis SWOT digunakan untuk mengolah data wawancara dan kuisioner untuk mengetahui nilai dari masing – masing item SWOT. Berdasarkan hasil analisis SWOT, Museum Balaputra Dewa berada pada posisi mendukung strategi agresif, yaitu Museum memiliki kekuatan dan peluang sehingga mampu memanfaatkan peluang yang ada. Adapun strategi alternatif nya adalah strategi S – O, yaitu mengoptimalkan promosi pada kegiatan wisata dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan sosial media, meningkatkan kualitas pelayanan bagi wisata dan dan tetap menjaga kebersihan dan keamanan yang telah ada.