Daftar Isi:
  • Promosi merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan pemasaran yang memuat pemberitaan, membujuk, dan mempengaruhi segala sesuatu mengenai barang maupun jasa yang dihasilkan untuk konsumen, segala kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan. Namun sangat disayangkan di Indonesia sendiri masih banyak pelaku usaha yang dinilai masih minim dalam pemahaman promosi, bahkan menurut hasil penelitian yang di kutip dari https://bisnisukm.com, 83% masalah yang dihadapi para pelaku usaha rata-rata karena mereka belum memiliki strategi pemasaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi promosi pada pempek holly dan berapa besar kontribusinya terhadap peningkatan volume penjualan. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif, digunakan untuk menggambarkan kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan dan teknis analisis kuantitatif dengan menggunakan koefisien korelasi dan determinan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Usaha pempek holly dalam menerapkan strategi promosi yaitu dengan mengkombinasikan beberapa bentuk promosi seperti personal selling, sales promotion, dan pemasaran langsung. Kemudian melalui analisis yang telah dilakukan menggunakan rumus koefisien korelasi dan determinan diketahui adanya hubungan yang kuat dan positif antara biaya promosi yang telah dikeluarkan pada peningkatan volume penjualan dan telah memberi kontribusi sebesar 98,01% dan 1,99% berasal dari faktor lain.