Daftar Isi:
  • Laporan akhir ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk listrik prabayar terhadap kepuasan konsumen PT PLN (Persero) WS2JB Area Palembang khususnya konsumen pada Rayon Rivai Palembang. Penulis juga ingin mengetahui sejauh mana kualitas produk yang paling dominan terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dan kuanlitatif, metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Studi Kasus. Kuesioner, Observasi, dan Studi kepustakaan sebagai alat pengumpulan data. Populasi berjumlah 38.500 pelanggan pengguna listrik prabayar sedangkan sampelnya sebanyak 100 responden. Data yang digunakan adalah kepuasan konsumen yang merupakan variabel terikat (Y) dan persepsi konsumen berdasarkan empat tingkat pada kualitas produk yang merupakan variabel bebas (X), yang diantaranya yaitu kinerja (X1), keistimewaan tambahan (X2), keandalan dan daya tahan (X3), dan profil dan citra etika (X4). Analisis data menggunakan F-Test dan T-Test. Hasil menunjukan nilai R Square yang mempengaruhi kepuasan konsumen PT PLN (Persero) WS2JB Rayon Rivai Palembang adalah sebesar 41,7%. Tingkat kualitas produk terhadap kepuasan konsumen yang paling dominan adalah keandalan dan daya tahan Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan bahwa lebih memperhatikan keempat tingkat kualitas pelayanan produk pada konsumen, terutama tingkat kualitas produk yang kurang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu kinerja listrik prabayar.