Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibles terhadap kepuasan para wisatawan serta faktor apa yang paling dominan mempengaruhi kepuasan para wisatawan yang berkunjung ke kota Pagar Alam. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah convenience sampling. Hasil analisis pada penelitian menunjukkan secara simultan (uji f) variabel independen reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibles berpengaruh secara bersama-sama terhadap variabel dependen kepuasan para wisatawan yang berkunjung ke kota Pagar Alam. Secara parsial (uji t) terdapat satu variabel independen yang berpengaruh tidak signifikan yaitu empathy (X4). Sedangkan variabel independen yang berpengaruh signifikan yaitu reliability (X1), responsiveness (X2), assurance (X3), dan tangibles (X5) terhadap variabel dependen kepuasan para wisatawan yang berkunjung ke kota Pagar Alam. Variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan wisatawan yang berkunjung ke kota Pagar Alam adalah assurance (X3). Berdasarkan data diatas disarankan agar Pemerintah kota Pagar Alam, khususnya Dinas Pariwisata dan Seni Budaya Kota Pagar Alam dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan khususnya variabel assurance (jaminan) yang diberikan kepada wisatawan sehingga wisatawan akan selalu merasa puas.