Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi penanganan kredit bermasalah pada kredit micro di PT Bank Sinarmas, Tbk. Cabang Palembang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data nasabah bermasalah pada tahun 2014 sampai dengan 2016 yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak PT Bank Sinarmas, Tbk. Cabang Palembang. Dalam data tersebut didapat hasil selama periode 2014 tidak terjadi kredit bermasalah, semua nasabah termasuk kategori nasabah lancar, namun seiring berjalannya waktu dan kondisi ekonomi yang terjadi di Indonesia, pada tahun 2015 dan 2016 terjadi peningkatan nasabah dengan kredit bermasalah. Kenaikannya cukup signifikan yaitu sebanyak 18 nasabah mengalami kredit macet. Hasil penelitian ini adalah menjelaskan mengenai strategi penanganan kredit bermasalah yang bisa dilakukan melalui dua jalur, yaitu jalur non litigasi berupa restrukturisasi, agunan yang diambil alih, pengambilan dan penyerahan jaminan sukarela, hapus buku, hapus tagih, dan recovery, serta melalui jalur litigasi berupa hak eksekusi tanggungan. Melalui strategi penanganan tersebut diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi dan meminimalisir bertambahnya nasabah dengan kredit bermasalah.