Daftar Isi:
  • PT Awfa Smart Media adalah sebuah perushaan manufaktur yang bergerak pada bidang percetakan. Analisis pengendalian intern atas sistem akuntansi pembelian dilakukan untuk mengidentifikasi kelemahan-kelemahan yang masih ada dan mengusulkan langkah-langkah perbaikan. Penulis melakukan penelitian menggunakan metode deskriptif analitis yaitu menggambarkan permasalahan yang ada dengan membandingkan data dan teori. Penulis juga melakukan penelitian lapangan yang meliputi wawancara, observasi serta penelitian kepustakaan untuk memperoleh informasi yang bersifat aktual dan teoritis.Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan beberapa permasalahan antara lain transaksi pembelian tidak dilaksanakan oleh fungsi gudang, fungsi pembelian, fungsi penerimaan dan fungsi akuntansi; adanya perangkapan fungsi pembelian, penerimaan dan penyimpanan barang yang dibeli; Surat pengajuan pembelian barang yang dipakai untuk internal perusahaan tidak memiliki nomor urut tercetak dan nama dokumen tertulis; Belum lengkapnya dokumen permintaan dan penawaran barang berupa surat permintaan harga terkait pembelian bahan baku, karena proses pemesanan barang dilakukan melalui Via telepon , tanpa mengajukan dokumen/surat permintaan dan penawaran harga. Berdasarkan kelemhan-kelemahan yang ada, penulis menyarankan agar perusahaan melakukan pemisahan fungsi yang baik dan menerapakan praktik yang sehat.