Daftar Isi:
  • Tujuandaripenulisanlaporanakhiriniadalahuntukmengetahuibagaimanasistempengelolaansuratmasukdansuratkeluarpada PT Pos Indonesia (Persero) Wilayah Regional III sertauntukmengetahuisistempengelolaansuratmasukdansuratkeluar yang sebaiknyadilakukanoleh PT Pos Indonesia (Persero) Wilayah Regional III Metodepengumpulan data menggunakanmetodeobservasi, sertawawancara. Hasilmenunjukkanbahwasistempengelolaansuratmasukdansuratkeluarbelummaksimal, disebabkanpetugasterkadangmenemuikendala-kendaladalampengelolaansuratmasukdansuratkeluar. Kendala-kendalatersebutyaitukesalahandalampenyortiransurat, mencatatnomorsuratmasuk, terhambatnyapendistribusiansurat, sertakekeliruandalampemberiannomorsuratkeluar. Berdasarkanhasilpenelitanpenelitianmenyimpulkansistempengelolaansuratmasukdansuratkeluarbelummaksimal, dikarenakanjumlahpetugaspadabagiansekretariathanyaberjumlahsatu orang sedangkanpetugasmengerjakanlebihdarisatujenispekerjaantermasukpengelolaansuratmasukdansuratkeluar. Penulismenyarankanpihakperusahaansebaiknyamengkhususkanpetugaspadabagiansekretariatdalammengelolasuratmasukdansuratkeluartanpamembebankanpekerjaan-pekerjaanselainpengelolaansuratmasukdansuratkeluar,sertaPetugaspengelolasurat di bagiansekretariatharuslebihtelitidancermatdalammengeceksetiapsuratmasukdansuratkeluar.