Strategi Marketing Public Relations Petromindo Group Di era Pandemi Covid-19

Main Author: Widuhung, Selvy
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM Universitas Bina Sarana Informatika , 2021
Subjects:
Online Access: http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jpr/article/view/308
http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/jpr/article/view/308/124
Daftar Isi:
  • Petromindo Group adalah perusahaan yang bergerak di bidang media advertising yang menyajikan informasi terlengkap tentang perminyakan, pertambangan, dan listrik Indonesia, serta memenuhi semua kebutuhan pelanggan di bidang tersebut yang berkaitan dengan publikasi media. Penelitian ini akan menjelaskan mengenai bagaimana strategi Marketing Public Relations (MPR) yang dilakukan Petromindo Group dalam meningkatkan pendapatan perusahaan di era pandemi Covid-19 ini. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga strategi MPR yang dilakukan yaitu Push Strategy, Pull Strategy, dan Pass Strategy. Push Strategy mencakup kegiatan pemberian informasi produk, penggunaan media sosial, promosi, dan sponsorship. Sedangkan Pull Strategy dengan menginformasikan keuntungan untuk menggunakan jasa-jasa yang ditawarkan Petromindo Group, memperluas target dan Pass Strategy adalah dengan memperluas imej sebagai perusahaan dan menekankan pada peningkatan kualitas produk dan layanan.
  • Petromindo Group is a company engaged in media advertising that provides the most comprehensive information on Indonesian oil, mining and electricity, and fulfills all customer needs in these fields related to media publications. This study will explain how the Marketing Public Relations (MPR) strategy carried out by the Petromindo Group in increasing company revenues in the era of the Covid-19 pandemic. The research method used by the author is qualitative, with observation and interview data collection techniques. The results of this study indicate that there are three MPR strategies implemented, namely Push Strategy, Pull Strategy, and Pass Strategy. Push Strategy includes activities to provide product information, use of social media, promotions and sponsorship. While the Pull Strategy by informing the benefits of using the services offered by the Petromindo Group, expanding the target and Pass Strategy is by expanding the image as a company and emphasizing improving the quality of products and services.