From Immersive to Metaverse: The Gap of Learning and Technology in Agriculture Education Application

Main Authors: Asfarian, Auzi, Nurhadryani, Yani, Ardiansyah, Firman, Hermadi, Irman, Ramadhan, Dean Apriana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Departemen Ilmu Komputer, Institut Pertanian Bogor , 2022
Subjects:
Online Access: http://journal.ipb.ac.id/index.php/jika/article/view/42628
http://journal.ipb.ac.id/index.php/jika/article/view/42628/24484
Daftar Isi:
  • Teknologi imersif seperti augmented reality, virtual reality, media sosial, avatar virtual, dan game online telah mendukung pendidikan. Pertanian, sebagai salah satu proses penting untuk kesejahteraan manusia, menuntut teknologi pendidikan yang kaya interaksi dan konten untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang lingkungan pertanian yang kompleks. Tren teknologi pendidikan saat ini mulai bergeser ke metaverse. Namun, ada kesenjangan antara penerapan teknologi imersif saat ini dan metaverse yang matang. Selain itu, penelitian sebelumnya menunjukkan kurangnya penekanan pada teori pembelajaran, konten pembelajaran, dan elemen desain untuk aplikasi imersif dalam pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kesenjangan tersebut, khususnya dalam pendidikan pertanian. Kami secara sistematis menganalisis publikasi sebelumnya yang mengembangkan aplikasi mendalam untuk pendidikan pertanian di pendidikan tinggi. Kami menyimpulkan bahwa (1) sebagian besar konten pembelajaran dan elemen desain teknologi metaverse kurang dimanfaatkan; (2) ada banyak kesenjangan implementasi antara implementasi saat ini dengan metaverse yang matang; dan (3) Pendidikan metaverse yang matang adalah kompleks dan mahal, sehingga perencanaan jangka panjang yang cermat dan mengidentifikasi kasus penggunaan dianjurkan. Kesenjangan ini penting untuk penelitian selanjutnya tentang pengembangan metaverse untuk pendidikan, terutama di bidang pertanian. Kami berharap hasil penelitian ini akan memberi pendidik pengetahuan dasar tentang teknologi metaverse untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam memanfaatkan metaverse di lembaga pendidikan.
  • Immersive technologies such as augmented reality, virtual reality, social media, virtual avatars, and online games have supported education. Agriculture, as one of the essentials process for human well-being, demands interaction-rich and content-rich educational technology to increase student understanding of the complex agriculture environment. The current trend of education technology is starting to shift to the metaverse. However, there is a gap between the current implementation of immersive technologies and the mature metaverse. Moreover, previous research indicates the lack of emphasis on learning theory, learning content, and design elements for immersive application in education. This research aims to identify those gaps, especially in agriculture education. We systematically analyze previous publications which developed an immersive application for agriculture education in higher education. We conclude that (1) most of the learning content and design element of metaverse technology is underutilized; (2) there are many implementation gaps between the current implementation with a mature metaverse; and (3) A mature metaverse education is complex and expensive, so careful long-term planning and identifying use cases is recommended. These gaps are essential for subsequent research on developing metaverse for education, especially in agriculture. We hope the results of this research will provide educators with a baseline knowledge of metaverse technologies to make better decisions on utilizing metaverse in educational institutions.