Strategi Promosi Objek Daerah Tujuan Wisata (Studi Kasus: Desa Wisata Dukuh, Sleman)
Main Author: | Rizki, Bella Indra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ampta.ac.id/194/1/COVER%20-%20BAB%201_opt.pdf http://repository.ampta.ac.id/194/2/BAB%202%20-%20BAB%204_opt.pdf http://repository.ampta.ac.id/194/3/BAB%205%20-%20LAMPIRAN_opt.pdf http://repository.ampta.ac.id/194/ |
Daftar Isi:
- Kegiatan promosi merupakan suatu yang perlu diperhatikan untuk dapat memasarkan produk atau jasa pada suatu DTW. Kurangnya keseriusan pengelola suatu DTW menjadi kendala untuk melakukan promosi sehingga menyebabkan DTW tidak berkembang. Salah satu DTW yang memiliki potensi wisata untuk dipasarkan adalah Desa Wisata Dukuh. Promosi terdiri dari bermacam-macam komunikasi yang dilakukan untuk menyampaikan informasi dan meyakinkan atau membunjuk calon wisatawan yang potensial untuk melakukan perjalanan wisata. Dalam kegiatan promosi ada yang disebut promotion mix atau bauran promosi. Bauran promosi merupakan gabugan dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promosi yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui berbagai kegiatan promosi yang sudah dilakukan oleh Desa Wisata Dukuh dalam memasarkan produknya. Kemudian selanjutnya untuk menentukan strategi promosi yang bisa dijadiakan sebagai jalan alternatif untuk mempromosikan Desa Wisata Dukuh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan cara mendapatkan data di lokasi penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya di cocokan dengan teori – teori mengenai promotion mix. Hasil penelitian menunjukan bahwa Desa Wisata Dukuh sebelumnya sudah melakukan kegiatan promosi, akan tetapi tidak berlangsung sampai saat ini. Kegiatan promosi menjadi terhambat karena kesibukan dari pengelola Desa Wisata yang begitu padat, sehingga kegiatan promosi menjadi terhenti. Dan untuk jala alternatif yang bisa dilakukan oleh Desa Wisata Dukuh untuk mempromosikan produknya telah dibahas dipembahasan lebih lanjutnya. Kata Kunci: Promosi, Promotion Mix, Desa Wisata Dukuh.