PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENGELOMPOKKAN KENAKALAN SISWA
Main Author: | Harliana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Amikom Yogyakarta
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/joism/article/view/200 https://jurnal.amikom.ac.id/index.php/joism/article/view/200/109 |
Daftar Isi:
- Kenakalan remaja merupakan suatu keadaan dimana adanya perubahan emosional pada diri seorang dari masa kanak-kanak menjadi dewasa. Jenis-jenis kenakalan remaja pada SMK Bina Insani dapat dikategorikan menjadi kenakalan umum dan kenakalan khusus. Dari berbagai macam kenakalan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk membantu Guru BK dalam melakukan pengelompokkan kenakalan siswa melalui pendekatan k-means berdasarkan jumlah pelanggaran yang dilakukannya. Berdasarkan hasil pengujian pada 23 dataset maka didapatkan cluster ke-1 adalah cluster dimana siswa memiliki kenakalan umum paling banyak. Sedangkan cluster ke-3 adalah cluster yang memiliki kenakalan umum ataupun khusus paling sedikit bila dibandingkan dengan cluster lainnya.