WORKSHOP PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU DI SDI WATUJARA ENDE

Main Author: Chatarina Novianti, Berty Sadipun, Benedikta Boleng, Fransiskus Badhe, Anselmus Mema, Virgilius Bate Lina
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Yayasan Cahaya Mandalika , 2020
Online Access: http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/abdimandalika/article/view/311
http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/abdimandalika/article/view/311/244
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang dapat diakukan guru daam ragka memperbaiki proses-proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pelaksanaan PTK sangat relevan dengan fungsi serang guru sebagai pendidik, pegajar, pembimbing, pelatih, dan evaluator ketercapaian hasil belajar siswa. Dalam konteks ini, PTK dipandang sebagai bentuk penelitian peningkatan kualitas pembelajaran yang paling tepat, karena selain sebagai peneliti guru juga bertindak sebagai pelaksana proses pembelajaran, sehingga tahu betul permasalahan yang dihadapi dan kondisi ideal yang ingin dicapai. Metode yang digunakan, yaitu melakukan serangkaian kegiatan In Service Training (IST) dan On Service Training (OST). Hasil kegiatan pengabdian secara umum, yaitu para guru peserta kegiatan telah paham dan terampil dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK), serta para guru telah terampil dalam menyusun karya ilmiah (format artikel). Hal ini terlihat dari produk artikel yang telah dihasilkan guru peserta.