Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Pikir Plus dengan Menggunakan Media Gambar Peristiwa Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017

Main Author: Linggua Sanjaya Usop
Format: Article info application/pdf eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya , 2020
Subjects:
Online Access: https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPN/article/view/946
https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPN/article/view/946/769
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalahrendahnya kemampuan menulis siswa kelas VIII-Semester II SMPN 2Palangka Raya. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran menulis puisiyang belum terlaksana dengan baik sehingga siswa kelas VIII-Fmengalami kesulitan ketika diminta menulis puisi. Oleh karena itu,diperlukan strategi pembelajaran dan media pembelajaran yangmenyenangkan dan tepat. Untuk mengatasi masalah tersebutdigunakan strategi Pikir Plus dan media gambar peristiwa yangterdapat dalam surat kabar dalam pembelajaran menulis puisi siswakelas VIII Semester II SMPN 2 Palangka Raya. Penelitian inidilakukan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan,tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkanadanya proses pembelajaran, peningkatan, dan perubahan perilakuke arah yang positif.