Pengaruh Penggunaan Bahasa di Rumah dan Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Murid Kelas I SD Negeri Kecamatan Selat Kuala Kapuas

Main Author: Sumarnie
Format: Article info application/pdf eArticle
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya , 2019
Subjects:
Online Access: https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPN/article/view/884
https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPN/article/view/884/714
Daftar Isi:
  • Bahasa merupakan alat komunikasi antara guru dan murid,Bahasa Indonesia yang baik akan memperlancar proses belajarmatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakahterdapat perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari tingkatpendidikan orang tua; 2) Hubungan yang signifikan antarapenggunaan bahasa anak di rumah dengan tingkat pendidikan orangtua; 3) Apakah penggunaan bahasa murid dirumah mempengaruhiprestasi belajar matematika; 4) Apakah penggunaan bahasa muriddirumah mempengaruhi prestasi belajar matematika murid; 5)Apakah tingkat pendidikan orang tua mempengaruhi prestasi belajarmatematika murid.Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dari hasilstudi dapat diambil suatu kebijakan dalam membantu muridmempelajari matematika sehingga memperoleh prestasi yang lebihbaik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan denganSimple Random Sampling, penentuan batas minimum sampel yangdiharapkan dapat mewakili populasi digunakan suatu perhitungantertentu menggunakan rumus Cochran dengan melibatkan 10 buahSD Negeri, dengan jumlah murid 340 orang sebagai sampel dari 83buah SDN yang ada di Kecamatan Selat Kuala Kapuas, denganjumlah murid 2.479 orang. Pengumpulan data menggunakan tekniktes dan angket, sedangkan analisis data dilakukan dengan mencariperbedaan Dua Mean, dan Chi kuadrat.Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan prestasibelajar matematika antara murid yang menggunakan bahasaIndonesia dengan yang tidak menggunakan bahasa Indonesia dirumah. Dngan demikian penggunaan bahasa Indonesia di rumahmempengaruhi prestasi belajar matematika murid kelas I SDNKecamatan Selat Kuala Kapuas. Bila dilihat dari tingkat pendidikanorang tua, nampak terdapat perbedaan kalau dilihat dati tingkatpendidikan, dan tingkat pendidikan turut mempengaruhi prestasibelajar matematika murid kelas I SDN Kecamatan Selat KualaKapuas.