Analisis Kontrastif dalam Pembelajaran Pelafalan Bunyi Segmental Bahasa Inggris
Format: | Article info application/pdf eArticle |
---|---|
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPN/article/view/1652 https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPN/article/view/1652/1492 |
Daftar Isi:
- Analisis kontrastif bertujuan untuk mengidentifikasi aspek-aspekperbedaan dan persamaan antara dua bahasa atau lebih. Ada dua jenispendekatan dalam analisis kontrastif, yaitu analisis kontarstif terapan dananalisis kontrastif murni. Analisis kontrastif terapan digunakan untukmengatasi kesulitan pembelajaran bahasa asing atau bahasa kedua.Sementara analisis kontrastif murni digunakan untuk kajian tipologibahasa. Dalam artikel ini yang dikaji adalah analisis kontrastif terapan.Dalam analisis kontrastif terapan ada dua prosedur yang dapat diterapkanuntuk mengontraskan bahasa pertama dan bahasa target, yaitu 1) deskripsidan 2) komparasi. berdasarkan hasil analisis kontrastif, bunyi vokal bahasaInggris yang sulit dilafalkan oleh siswa penutur bahasa Indonesia adalahbunyi vokal panjang (tegang) [i:, u:, ?:, ?:, ?:] dan bunyi vokal pendek(kendur) [æ]. Analisis kontrastif merupakan pendekatan linguistikstruktural yang memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah: 1)dapat dimanfaatkan oleh guru bahasa Inggris (bahasa asing) untukmengatasi kesulitan dalam pembelajaran bahasa asing, 2) mampumempredikasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam belajarbahasa asing, dan 3) hasil analisis kontrastif dapat dimanfaatkan oleh guruuntuk menyusun bahan ajar