IMPLEMENTASI PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID 19

Main Author: Sutarjo
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI) , 2020
Online Access: http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/view/219
http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/view/219/162
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas pada masa pandemi covid 19 ini bertujuan untuk mengetahui motavasi hasil belajar siswa MAN Insan Cendekia Sorong pada mata pelajaran biologi dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (PjBL) penelitian menunjukkan bahwa secara kuantitatif pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar14 orang (53,3%) dengan motivasi sangat baik(16,17%), baik (75%) dan cukup (8,3%) dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 22 orang (91,7%) dengan motivasi siswa sangat baik (33,3%0 dan baik (66,7%), pada Siklus II namun jumlah siswa yang mencapai skor minimal 8,3% dari skor ideal, namun apabila kita lihat terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I (53,3%) menjadi (91,7%) pada siklus II. Selama proses belajar mengajar jarak jauh  berlangsung terjadi perubahan sikap, kreaktivitas dan motivasi ditandai dengan meningkatnya feed back tanya jawab melaului video conferece  e-learning. Hasil Peneltian membuktikan bahwa model pembelajaran PjBL mampu meningkatkan motivasi hasil belajar pada masa pandemi covid 19.