IMPLENTASI RECIPROCAL LEARNING GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI COVID 19

Main Author: Suarni
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI) , 2020
Online Access: http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/view/201
http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/view/201/144
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implentasi  reciprocal learning melaui google classroom untuk meningkatan hasil belajar siswa dimasa pandemi covid 19 pada mata pelajaran bahasa inggris. Populasi penelitian ini berjumlah 137 responden dan sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 32 siswa kelas XI IPA3 MAN Kota Sorong. Metode yag digunakan Penelitian Tindakan kelas. Instrumen dan Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa angket responden dan tes akhir belajar. Berdasarkan data penelitian  dianalisis menunjukkan bahwa secara kuantitatif pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar 14 orang (53,3%) dengan motivasi sangat baik(16,17%), baik (75%) dan cukup (8,3%) dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 22 orang (91,7%) dengan motivasi siswa sangat baik (33,3%) dan baik (66,7%), pada Siklus II namun ada 2 siswa yang mencapai skor minimal 8,3% perlu pembinaan khusus dengan remedial hingga ketuntatasan tercapai 100%. Peneliti menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Reciprocal Learning mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar.